Bisnis Online: Jualan Ebook Murahan?

e-book bisnis onlinePerkembangan bisnis online atau bisnis melalui internet sekarang ini sudah sangat berkembang pesat. Bisnis online sekarang ini bukan lagi terbatas pada penjualan, pembelian, pembayaran atau pengiriman data-data melalui transaksi elektronik (internet). sudah berkembang dengan melibatkan banyak aspek.  dengan banyaknya peminat yang bertransaksi secara online, dibutuhkan banyak website atau portal penyedia layanan. Hal ini membuka satu bidang lagi, misalnya jasa pembuatan website, pendaftaran domain dan jasa hosting.

Bagi yang memiliki jasa atau produk untuk dijual, menjalankan bisnis secara online menjadi satu pilihan untuk menjangkau pelanggan yang jauh dari area mereka. hal ini bisa menghemat biaya. bagaimana dengan yang tidak punya jasa atau produk untuk dijual secara online? apakah bisa ikut bisnis online? jawabannya, bisa. dengan menjadi afiliasi bagi mereka yang menyediakan jasa atau produk. dalam bahasa sehari-hari, makelar. Makelar Online.

Anda yang jadi makelar (affiliate) akan dapat komisi dari vendor. Sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Kita mempromosikan jasa atau produk orang lain, dan mendapat komisi dari hasil penjualan kita.

Yang banyak berkembang saat ini di internet adalah menawarkan atau berjualan electronic book (e-book). tetapi dengan kemasan yang berbeda-beda. sayangnya antara bahan promosi dan isi e-book yang ditawarkan tidak sebanding dengan harga yang ditentukan. Mereka bisa menggaransi bahwa walaupun kita tidur, uang akan tetap mengalir ke rekening. Atau baru menjalankan 3 hari, sudah mendapatkan Rp. 18 juta. (???………..????)

Ada juga yang mencoba untuk menerjemahkan e-book berbahasa inggris yang didapat secara gratis dari internet. Lalu menjual dengan harga ratusan ribu rupiah.

Beberapa ciri khas dari bisnis online yang perlu anda hindari

  • Biasanya dalam websitenya menawarkan penghasilan yang bikin kita jantungan (puluhan sampai ratusan juta per bulan) dan dapat diraih dalam waktu singkat (biasanya hitungan bulan)
  • Mereka mengaku sudah kaya dan tidak butuh uang lagi (???kok jualan ebook ya???)
  • Mengaku hanya sekedar beramal atau membantu anda menjadi kaya
  • Menawarkan kepada anda bagaimana caranya cepat kaya
  • Menawarkan peluang mendapatkan penghasilan besar dengan hanya bekerja 2 jam perharinya
  • Menampilkan testimoni-testimoni yang bombastis dari para pengikutnya
  • Menampilkan bukti-bukti rekening dan trasfer elektronik (biasanya hasil editan)

Dan masih banyak lagi cara-cara promosi yang ditawarkan. Sebenarnya tujuannya hanya untuk meyakinkan yang baca agar membeli jasa atau produk mereka. sekedar strategi marketing. tetapi marketing yang menyesatkan.

Lalu apa isi ebook yang mereka tawarkan? pada umumnya semua isi e-book yang dijual tersebut bisa kita dapatkan di Internet secara gratis. secara garis besar, berisi panduan untuk membuat blog di blogger dan wordpress, membuat website, membeli domain, hosting, bagaimana membuat account google adsense, google adwords dan lain-lain. Intinya, hanya jualan informasi. kalau ide atau info yang diberikan bagus dan bermutu sich gak masalah. tetapi kalau info yang bisa kita dapat secara gratis dan tidak berguna, buat apa?

Berikutnya akan saya berikan beberapa e-book yang mereka jual dengan janji-janji bahwa anda bisa cepat kaya. Anda bisa membandingkan promosi di websitenya dan apa isi e-booknya. Silahkan anda menilai sendiri.

2 Comments to “Bisnis Online: Jualan Ebook Murahan?”

  1. @munif: trim’s for comment. jng mau tertipu oleh penawaran yg “GILA”

Leave a comment