Layanan SMS 2000an

Layanan ini merupakan layanan SMS dengan tarif Rp. 2000. Formatnya adalah KETIK REG SPASI. Memanfaatkan maraknya pemilik HP di Indonesia. Setiap tahun perkembangan pemilik HP semakin meningkat. Dan tidak jarang, satu orang mempunyai HP sampai 3 atau 4 buah.

Coba Anda perhatikan berapa banyak jenis layanan KETIK REG SPASI sejenis yang bertebaran di koran-koran, Televisi dan media-media lainnya. Belum lagi yang dikirimkan oleh operator-operator seluler yang bersangkutan terhadap pelanggannya.

Anda perlu berhati-hati dengan layanan-layanan ini. Karena sekali Anda mendaftar, Anda akan tetap menjadi anggota sampai Anda melakukan UNREG.

Menjadi anggota, maka Anda akan mendapatkan SMS otomatis setiap hari dari penyelenggara. Biasanya 1-2 SMS akan Anda terima, dan setiap hari pulsa Anda akan dipotong 2000 – 4000 rupiah. Satu bulan akan dipotong 60ribu – 120 ribu. Kalau Anda tidak menyadari ini, Anda akan kaget kalau tiba-tiba pulsa Anda berkurang terus. HP tidak pernah dipakai untuk SMS atau telepon, tapi pulsa berkurang. Hanya menerima SMS aja. Padahal mestinya kalau hanya menerima SMS aja, kita gak dipotong pulsa. Ha…ha… inilah pintar [licik]nya orang-orang kita dalam menca(u)ri uang orang lain.

Lebih parahnya lagi, mereka tidak pernah menjelaskan program atau layanan yang disediakan. Apa syarat dan ketentuannya. Coba Anda perhatikan iklan-iklan di media massa. Yang besar itu tulisan gimana bisa masuk ke layanan ini. KETIK [REG] [SPASI][ NAMA/JUDUL] KIRIM KE [4 ANGKA NOMOR TUJUAN]. Syaratnya atau tarif layanan ditulis dengan kecil di bawah. Dan kita tidak pernah diberitahu, gimana caranya untuk berhenti dari layanan seperti ini. Pemberitahuannya ada di tulisan yang kecil tadi itu. Biasanya orang-orang Indonesia malas untuk membaca syarat-syarat dan ketentuan seperti itu. Akhirnya jadilah kita korban ketidaktahuan dan emang tidak diberitahu dengan jelas. Sengaja disamarkan. Ketika kita komplain, ya kita yang salah karena tidak teliti.

Saya pernah mengikuti kuis sejenis di satsiun televisi. Kalau kita SMS, akan mendapatkan PIN. Dua kali SMS, dan 2 kali juga tidak mendapatkan PIN, tetapi pulsa sudah dipotong Rp. 4400. Tarifnya masih ditambah PPN 10 %.

Sekarang ini layanan seperti ini mulai merubah wajahnya. Mungkin masyarakat sudah mulai menyadari, layanan ini banyak tipu-tipunya. Dan begitu ada kata-kata KETIK [REG] SPASI, orang-orang sudah tidak peduli. Sekarang kita tidak perlu lagi mengirim SMS. Tetapi cukup dengan menekan *0000[4 angka]*00[1 atau 2 angka]#. Format dasarnya seperti itu. Variasinya macam-macam tergantung layanannya. Formatnya seperti kita biasanya kalau mau ngecek pulsa HP. Prinsipnya sama dengan pendahulunya, pulsa akan dipotong juga. Hebatnya dalam setiap iklan yang ditayangkan, Anda akan mendengar bahwa layanan ini GRATIS. Tetapi perhatikan tulisan kecil dibawahnya, disitu akan ada tarifnya.
Kenapa iklan-iklan yang dengan jelas-jelas membohongi justru bertebaran dimana-mana? Kenapa tidak dilarang? Disinilah kelemahan konsumen di Indonesia, yang tidak bisa berbuat apa-apa. Ya orang-orang Indonesia memang terkenal kreatif, memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Kreatif dalam membohongi orang lain. Tetapi ya kok masih banyak juga ya yang mau dibohongi.

2 Trackbacks to “Layanan SMS 2000an”

Leave a comment